Powered By Blogger

Monday, September 17, 2012


WARGA BABADAN KULON SIAP TANAM 50.000 BATANG POHON


Lokasi Pembibitan Kegiatan Kebun Bibit Rakyat (KBR)
di Desa Babadan, Kabupaten Banjarnegara
Jika tahun 2011, CBO Wanalestari dan CBO Wijayakusuma sudah mendapatkan kesempatan bantuan dari pemerintah untuk terlibat sebagai kelompok tani Kebun Bibit Rakyat (KBR), kali ini pada tahun 2012, CBO Sido Makmur dan CBO Tani Asri mendapatkan kesempatan tersebut. KBR merupakan program pemerintah (Kementerian Kehutanan RI) dalam hal pembibitan. Kegiatan KBR ini sendiri adalah bertujuan untuk memfasilitasi kelompok masyarakat atau petani yang ingin mengembangkan pembibitan, terutama diwilayah desanya. Kelompok pembibitan tersebut dapat memilih tanaman apa saja yang cocok (secara teknis) dan sangat diminati oleh masyarakat. Pembangunan KBR mulai dilaksanakan tahun 2010, dan sampai sekarang kegiatan tersebut masih berlanjut dilakukan dengan volume yang makin bertambah.

Salah satu lokasi KBR dan juga binaan Strengthening Community Based Forest Watershed Management (SCBFWM) yang berada di Desa Babadan, Kabupaten Banjarnegara telah menarik perhatian tim Project Management Unit (PMU) dari Kementerian Kehutanan dalam rangkaian kunjungan Bimbingan Teknis pada tanggal 1-2 Agustus 2012. Hal menarik tersebut adalah bahwa selama pelaksanaan KBR tahun 2012 ini, CBO Sido Makmur sudah mengawali kegiatan untuk persiapan tahap persemaian dan menyiapkan benih untuk pembibitan. Dengan dikerjakan kurang lebih 1 bulan lamanya (Juni, 2012), mereka sudah menata rapi polibag-polibag dan sudah diisi tanah. Terlebih, mereka juga menggunakan tutup plastik untuk mengurangi panas.

Bersama dengan warga desa, mereka sudah mempersiapkan 70.000 polibag dari 50.000 polibag dari target program KBR tersebut. Diatas lahan milik desa Babatan Kulon seluas 0,1 ha, jenis tanaman yang akan dikembangkan adalah Albacia dan akan ditanam di wilayah desa Babatan Kulon.

Kegiatan penanaman pohon ini tentunya tidak hanya akan berhenti sekedar menanam, diharapkan juga dilakukan pemeliharaan, kunjungan periodik yang dilakukan oleh pemerintah, maupun bantuan dari pihak lain untuk mendukung seluruh warga baik dari sisi teknis maupun semangat kinerja dalam pelestarian lingkungan seperti yang sudah dilakukan SCBFWM selama ini.***bagian dari Bulletin SCBFWM Vol.III No.3 September 2012

No comments:

Post a Comment